Rudi HB Daman, GSBI Mendukung Pemogokan Buruh PT SPMN Kota Waringin Timur

INFO GSBI-Jakarta, 14 Feb 2018 . Sebagaimana rilis yang GSBI terima, kurang lebih 700 buruh perkebunan sawit di PT. Sarana Prima Multi Ni...


INFO GSBI-Jakarta, 14 Feb 2018. Sebagaimana rilis yang GSBI terima, kurang lebih 700 buruh perkebunan sawit di PT. Sarana Prima Multi Niaga (SPMN) Kota Waringin Timur perusahaan Suplayer Wilmar ini melakukan mogok kerja, mayoritas mereka bekerja dibagian perawatan dan pemanen.

Pemogokan kerja dimulai sejak pukul 6 (enam) pagi (12/2/2018 dan saat ini pemogokan sudah memasuki hari ke tiga (Rabu, 14/2/2018), mereka menuntut untuk dibayarkanya kekuarangan upah sebagaimana kesepakatan. Istilah di perusahaan adalah Top Up yakni selisih upah yg harus di berikan perusahaan kepala buruh yang upahnya kurang dari besaran Upah Minimum Kabupaten (UMK) akibat dari sistem target dan borongan yang diberlakukan oleh perusahaan.

Menurut keterangan Anton,  sekretaris Serikat di perkebunan ini, saat ini rata-rata upah yang diterima buruh antara Rp. 700.000 sampai Rp. 1.500.000 dengan tujuh jam kerja, sedangkan Upah minimum Kabupaten Kota Waringin Timur pada 2018 sebesar Rp. 2.552.347 dengan demikian kekurangan upah rata-rata Rp.700.000 sampai Rp. 1.500.000. Para buruh menuntut untuk tidak diberlakukan sitem borongan tetapi menggunakan sitem harian kerja sesuai dengan UU ketenagakerjaan No. 13 tahun 2013 pasal 77 yakni 7 (tujuh) jam 1 (satu) hari atau  40 (empat puluh) jam 1 (satu) miggu Atau 8 (delapan) jam 1 (satu) hari dan 40 (empat puluh) jam 1 (satu) minggu untuk 5 (lima) hari kerja dalam 1 (satu) minggu.

Selain menuntut dibayarkan selisih upah, para buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Sawit Indonesia (SPASI) ini menuntut dinaikanya uang Peruning (pembersihan bunga sawit dan buah pasir) menjadi Rp.2.000 per pokok dan menaikan upah brondolan menjadi Rp. 500. dan beberapa tuntutan lain diantaranya, menuntut pihak perusahaan segera mengeluarkan kartu kepesertaan jaminan sosial (BPJS), memberikan alat perlindungan dan keselamatan kerja yang memadai dan penanganan yang cepat jika buruh mengalami kecelakaan kerja.

Perkebunan kelapa sawit milik PT. Sarana Prima Multi Niaga (SPMN) dengan luas 7.114 hektar yang berada di kecamatan Parenggean, kabupaten Kotawaringin Timur, adalah salah satu anak perusahaan TSH Group yang berbasis di Malaysia. Perusahaan yang merupakan salah satu pemasok utama CPO ke WIlmar Group ini mulai membuka kebunnya di atas lahan di 3 desa dan 2 kecamatan sejak 2007.
“Kami dari Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) mendukung penuh Pemogokan dan perjuangan buruh PT. SPMN untuk mendapatkan hak-hak nya”. Hal ini di sampaikan oleh Rudi HB Daman, selaku Ketua Umum GSBI di Jakarta.

GSBI mendesak  manajemen PT. SPMN termasuk Wilmar Group segera merespon tuntutan buruh, segera dilakukan dialog penuhi tuntutan buruh, tegas Ketua GSBI.

Hentikan mobilisasi aparat (polisi dan TNI) hentikan intimidasi kepada buruh, karena itu tidak pantas dan dihawatirkan akan menimbulkan masalah baru, buruh hanay menuntut haknya dan itu dilindungi UU Ketenagakerjaan.

Lebih lanjut Rudi mengatakan, pihak Dinas Tenaga kerja Kabupaten Kota Waringin Timur harus segera turun dan memastikan seluruh hak buruh dihormati dan diberikan oleh perusahaan. Negara harus segera hadir dan bertindak tegas, jangan sampai ada korban kekrasan karena saat ini di ketahui pihak perusahaan sudah banyak memobilisasi aparat keamanan (TNI dan Polri) melakukan intimidasi kepada buruh yang menjalankan mogok kerja. (red-2018)

Posting Komentar

  1. Assalamualaikum siapa tau bisa membantu anda. Dan aku mau cerita kisah nyata dalam kesuksesan aku selama ini. Aku dulu anak petani 3 bersaudara aku anak ke 3, 3tahun lalu orang tuaku pusing karna banyak hutangnya gara-gara aku di sekolahkan sampai lulus kuliah, tapi aku diam2 mencari cara supaya semua hutang orang tuaku bisa terlunasi. Waktu itu aku buka-buka facebook aku dapat website https://pesugihanputihislamia.blogspot.com.. aku buka di google. Alhamdulillah sekarang orang tuaku tidak punya beban lagi sama orang. Awalnya memang takut hubungi nomer beliau karna kata orang larangan agama. Setelah dengar arahan mbah suroto ternyata bukan juga jalan sesat. Tergantung keyakinan dan kepercayaan saja. Banyak pilihan di berikan yaitu Dana Hibah, penglaris usaha dagan, dana ghaib, anka ghaib togel, jampi pelet, dll tergantung dari keyakinan kita juga dan tidak ada namanya tumbal. Mungkin ada teman mau hubungi langsung beliau ini nomer WhatsApp nya 0822 9127 7145 terima kasih..

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar dan jangan meninggalkan komentar spam.

emo-but-icon

Terbaru

Populer

item