KEK Yang Lahir di Era Jokowi JK

INFO GSBI. Salah satu instrumen kebijakan pengembangan wilayah yang didorong oleh Pemerintah adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Menurut ...

INFO GSBI. Salah satu instrumen kebijakan pengembangan wilayah yang didorong oleh Pemerintah adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Menurut pemerintah melalui KEK diharapkan daerah-daerah dapat dikembangkan lebih fokus, terukur dan terpadu dengan fasilitas dan kemudahan fiskal.

Pasca lahirnya UU No. 39 Tahun 2009 tentang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK),  telah lahir sejumlah KEK di era Presiden SBY, yakni mulai KEK Tanjung Lesung, KEK Tanjung Siapi-api, KEK Bitung, KEK Morotai, KEK Mandalika, KEK Sei Mangkei,  dan KEK Maloy Trans Kalimantan.

Sementara itu, di era Presiden Joko Widodo telah lahir KEK Sorong dan KEK Tanjung Kelayang, di Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Untuk mendukung skenario KEK ini, diterbitkan pula Peraturan Pemerintah No. 96/2015 tentang Fasilitas dan Kemudahan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan  harapannya, kebijakan baru ini dapat menarik penanaman modal, mempercepat terobosan pengembangan kawasan dan pergerakan ekonomi daerah. (rd-red2017).

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dan jangan meninggalkan komentar spam.

emo-but-icon

Terbaru

Populer

item