One Billion Rising: Menari untuk Melawan Kekerasan terhadap Perempuan

Apakah One Billion Rising itu? OBR adalah gerakan perempuan dan laki-laki sedunia, untuk menolak segala bentuk kekerasan terhadap pe...

Apakah One Billion Rising itu?
OBR adalah gerakan perempuan dan laki-laki sedunia, untuk menolak segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak. Serta untuk mendapat keadilan sosial.

Faktanya, satu dari tiga perempuan di dunia mengalami perkosaan atau tindakan kekerasan dalam hidupnya. Satu miliar perempuan menjadi korban kekerasan. Satu miliar perempuan menari untuk sebuah revolusi bagi perempuan, dan bagi siapa saja yang peduli.

One Billion Rising adalah ajakan untuk MENARI, BANGKIT, dan MENUNTUT Penghentian Kekerasan terhadap Perempuan. ONE BILLION RISING akan menggerakkan dunia, mengaktifkan perempuan dan laki-laki disetiap negara. One Billion Rising dilakukan setiap 14 Februari atau bertepatan dengan peringatan hari kasih sayang (V-day). Hal ini sekaligus sebagai kritik gerakan rakyat atas perayaan hari kasih sayang ala borjuasi yang kenyataannya justru menindas kaum perempuan. V-Day ingin dunia melihat kekuatan kolektif kita, jumlah kita, dan solidaritas lintas batas kita. 

Mengapa Buruh Harus Terlibat dalam Kampanye OBR?
Secara umum, dibawah sistem setengah jajahan dan setengah feodal seperti di Indonesia saat ini, sebagian besar dari perempuan mengalami penindasan dan penghisapan ganda sebagai akibat dari dominasi imperialisme dan feodalisme. Perempuan masih dianggap kaum yang lemah, dan tidak diberikan kesempatan yang sama dalam politik, ekonomi dan kebudayaan.

Di dalam pabrik, buruh perempuan mendapat berbagai diskriminasi dan penindasan seperti : Rawan terhadap pelecehan, perlindungan sangat minim utamanya kepada buruh yang hamil, diskriminasi tunjangan upah dan kesehatan, pemeriksaan badan saat keluar masuk pabrik, terancam kesehatan reproduksinya karena bahan kimia yang digunakan pabrik, dll.

Dari total keanggotaan GSBI saat ini, 80% adalah perempuan, oleh sebab itu penting bagi kita untuk berdiri digaris depan bersama seluruh rakyat tertindas diseluruh dunia utamanya dan bersama kaum perempuan untuk mendapatkan keadilan sosial. Oleh sebab itu kami mengundang seluruh anggota dan seluruh kaum perempuan dan laki-laki untuk gabung dalam kampanye menari One Billion Rising. 

Untuk menggeser budaya-budaya imperialis yang telah mendominasi dengan menggunakan hari Valentine (dikenal dengan hari kasih sayang), dimana mereka memaksa kita membeli produk produk mereka. Makna hari kasih sayang sangat sempit hanya digambarkan dengan memberikan bunga, coklat dll. Namun dibalik itu perempuan tetap menjadi korban penindasan. Oleh sebab itu, kita akan menggunakan momentum peringatan hari kasih sayang (Vday) ini untuk menyelenggarakan “Kampanye Perempuan Melawan Segala Bentuk Penindasan”.

Pelaksanaan :
1.     Hari Sabtu, 13 Februari 2016, mulai pukul 13.00-15.00 WIB. Tempat: PT. Victory Chingluh Indonesia (VCI), Kabupaten Tangerang.
2.     Hari Minggu, 14 Februari 2016, mulai pukul 08.00-10.00 WIB. Tempat: Lapangan Ahmad Yani, Kota Tangerang.

Kontak person :
1. Dewi  : +6281 29103 5500
2. Astry  : +6289 7771 5901

3. Merry : +6281 28172 7324

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dan jangan meninggalkan komentar spam.

emo-but-icon

Terbaru

Populer

item