Solidaritas Internasional Keadilan untuk Buruh Kentex: Global Day Action 13 Juni 2015

Terbakarnya Pabrik Kentex 13 Mei lalu, lebih dari 72 pekerja di Filipina, yang sebagian besar adalah buruh perempuan, tewas dalam k...


Terbakarnya Pabrik Kentex

13 Mei lalu, lebih dari 72 pekerja di Filipina, yang sebagian besar adalah buruh perempuan, tewas dalam kebakaran pabrikyang terburuk dalam sejarah Filipina di Kota Valenzuela, Metro Manila. Manajemen dari perusahaan Kentex, yang membuat sandal lokal dan sandal jepit, telah dinyatakan melanggar standar kesehatan dan keselamatan kerja.


Api berawal dari percikan dari las saat melakukan pengelasan pada gerbang perusahaan, dan menyambar karung berisi bahan kimia yang tergeletak dilantai dasar pabrik. Bahan kimia tersebut, yang digunakan sebagai emulsifier (zat yang berfungsi menjaga kestabilan) karet, membuat api membesar dan menyebar dengan mudah. 


Sebagian besar pekerja yang meninggal berada dilantai dua, yang tidak memiliki pintu keluar untuk evakuasi, jendela yang terbuat dari besi dan kaca tebal dan dilapisi teralis baja dari dalam.


Sehari setelah kebakaran, Sekretaris Departemen Tenaga Kerja mengumumkan bahwa pabrik telah diinspeksi dan diberikan Sertifikat Kepatuhan berkaitan dengan standar kesehatan dan keselamatan kerja dan standar perburuhan umum pada 18 September 2014.


Bagi sebagian besar orang menilai, penerbitan sertifikat ini adalah bukti yang paling jelas dari kolusi/ kerjasama antara pemerintah dan kapitalis, dengan melanggar kepatuhan atas standar kesehatan dan keselamatan kerja, hanya untuk meningkatkan keuntungan, untuk menarik investasi asing sebagai pendorong utama ekonomi.


Saat ini, para keluarga baik dari para buruh yang tewas dalam kebakaran pabrik maupun yang selamat dari kebakaran pabrik, serta para pendukung yang bersimpati dengan para buruh menyerukan keadilan – menuntut pengusaha dan pejabat Departemen Tenaga Kerja dipenjarakan.  

Mereka juga menyerukan standar kerja yang aman bagi Buruh Filipina-pemerintah wajib melakukan pemeriksaan atas tempat kerja dan memberikan sanksi hukuman berat bagi pengusaha atas pelanggaran terhadap standar kesehatan dan keselamatan kerja.


---

Dukung aksi serentak dalam aksi solidaritas terkait dengan lebih dari 72 pekerja yang meninggal dan banyak pekerja lainnya hilang dalam kebakaran Pabrik Kentex di Filipina. Mari bersama kita suarakan keadilan untuk tempat kerja yang aman, dan larangan untuk terkuncinya pabrik-pabrik yang bisa menyebabkan pekerja terperangkap saat terjadinya kebakaran.
 
Hal yang bisa kamu lakukan:

1.     Menulis dalam sepasang sandal,  "Keadilan untuk Buruh Kentex!" atau "Keselamatan Kerja bagi Buruh!" atau seruan  yang sama. Ambil foto sandal dari  tempat kerja Anda, organisasi atau serikat buruh anda di depan Kedutaan Besar Filipina di negara Anda. Posting foto di media sosial menggunakan hashtag  #JusticeforKentexWorkers. Silahkan posting gambar pada tanggal 13 Juni 2015.
2.     Menulis pesan solidaritas kepada keluarga dan korban.
3.     Menulis kepada Pemerintah dan Departemen Tenagakerja Filipina

President Benigno Aquino III
New Executive Building
Malacañang Palace Compound J. P. Laurel St., San Miguel, Manila
Tel: (082) 564-1451 to 80; 736-1010
Fax : (082) 735-8005
Email: op@president.gov.ph

Secretary Rosalinda Dimapilis Baldoz
Department of Labor Employment
7th Floor, DOLE Building, Intramuros, Manila, the Philippines
Fax No: (082) 336-8182
Email: secrdb@dole.gov.ph

Salam Solidaritas

Joselito Ustarez

Wakil Ketua KMU 

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dan jangan meninggalkan komentar spam.

emo-but-icon

Terbaru

Populer

item