Ditengah tekanan terus menerus PTP SBGTS PT Beesco Indonesia di Luncurkan

Dari Pemogokan buruh hingga pelucuran Serikat Buruh, Bangun Serikat Buruh Sejati Demi terciptanya Syarat dan hubungan kerja yang berkeadila...

Dari Pemogokan buruh hingga pelucuran Serikat Buruh, Bangun Serikat Buruh Sejati Demi terciptanya Syarat dan hubungan kerja yang berkeadilan!!

Pemogokan yang dilakukan oleh buruh PT. BEESCO INDONESIA dan dipimpin oleh SBGTS – GSBI PT. BEECSO INDONESIA PADA TANGGAL 23 – 27 September 2013, pemogokan tersebut terjadi karna gagalnya perundingan dengan pihak perusahaan  berbagai upaya untuk diselesaikan dengan baik dan tidak mengurangi hubungan baik antara pengusaha dengan buruh.

Pasca pemogokan tanggal 23-27 September , perusahaan memberikan tindak balasaan kepada buruh yang mengikuti aksi tersebut dengan berbagai macam cara dan tindakan seperti tidak membayar upah selama pemogokan , melaporkan buruhnya kepada pihak kepolisian dan memPHK terhadap anggota dan Pengurus serikat buruh SBGTS dengan alasan putus kontrak.

Secara organisasi GSBI melakukan tindakan protes terhadap perusahaan yang telah melakukan tindakan aksi balasan tersebut, seperti perusahaan harus membayar upah 5 hari selama pemogokan, menjalankan SK putusan PTUN bandung serta rapelannya , dan memanggil anggota dan Pimpinan SBGTS untuk kembali bekerja , tetapi sampai dengan saat ini belum ada tanggapan baik dari perusahaan atas desakan yang diajukan oleh SBGTS. Maka dapat dismpulkan sampai dengan sekarang sejak September – Desember 2013 ini perusshaan tidak menaggapi ajuan bipartit dari SBGTS –GSBI , maka kasus tersebutu dilaporkan kepada Dinas Tenaga Kerja Kab. Karawang.

Intimdasi dan diskriminasi terhadap anggota dan pimpinan SBGTS masih terus dilakukan oleh perusahaan, upaya untuk menyingkirkan SBGTS di PT. BCI sangat nyata dan terang2an dengan cara memaksa buruh untuk memandatangai formulir keanggotaan SPSI, jika buruh menolak untuk menandatangi form tersebut maka pimpinan produksi akan mengintimasi berupa mendiami, sampai dengan diputus kontraknya.

Tanggal 11 Desember 2013, Dinas tenaga kerja mengundang SBGTS-GSBI dan Perusahaan PT. BCI dengan hal undangan atas pelaporan SBGTS-GSBI kepada dinas terkait soal kasus – kasus yang terjadi di PT. Beesco Indonesia seperti ( PHK terhadap anggota dan Pengurus SBGTS ). tetapi yang memenuhi undangan Dinas tersebut yang hadir hanya SGBTS saja, dari pihak perusahaan tidak datang  dengan konfirmasi General Manajer ada sidang. Maka panggilan selanjutnya akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 19 Desember 2013.

Karena ada kepincangan didalam struktur Organisasi SBGTS-GSBI PT. Bessco Indonesia dimana ketua Umum SBGTS  sdr. Diki Iskandar di PHK, wakil ketua sdr. Tarsa  mengundurkan diri dari keanggotaan SBGTS, maka menjadi kebutuhan Organisasi kelengkapan sturktur organisasi Di dalam perusahaan maka pada tanggal 24 November 2013 dilaksanakanlah rapat pleno ke IV ( empat ) yang dihadiri oleh 54 perwakilan anggota dan 6 (enam) orang pengurus yang tersisa, mengacu didalam AD/ART GSBI di srtruktur kepengurusan membutuhkan 17 orang pimpinan sesuai dengan jabatan dan departemen di organsasi.maka ada penambahan pengurus sekitar 11 orang.

Sabtu tanggal 14 Desember 2013, terlaksananya Launching SBGTS-GSBI PT. Bessco Indonesia yang bertema “MEMBANGUN SERIKAT BURUH SEJATI DEMI TERCIPTANYA SYARAT DAN HUBUNGAN KERJA YANG BERKEADILAN “ acara ini diselenggarakan di kantin area perusahaan, yang dihadiri oleh  perwakilan DPP. GSBI, General manajer  PT Beesco Indonesia Bpk. Asep Agustian , manajer peroduksi departemen Sewing, Develpomen, Assembling, Press, Gudang Matrial dan SPSI Rekonsiliasi. dan 150 orang buruh PT. Beesco indonesia.

Sambutan serta ucapan atas terselnggaranya acara launching tersebut juga diberikan oleh bapak Rudi HB Daman Ketua Umum DPP. GSBI, bapak Asep Agustian  mewakili dari perusahaan dan ketua umum SPSI bapak Yayan Sunarya.

Setelah acara sambutan selesai, pukul 14.30 wib langsung menuju acara inti yaitu pengukuhan dan pembacaan sumpah dari pimpinan yang terpilih dan dipimpin Oleh  Sdri. Ernawati Kepala Departemen Organisasi DPP. GSBI .

Adapun pimpinan terpilih hasil pleno IV PTP SBGTS PT Beesco Indonensia tersebut adalah sebagai berikut:
KETUA UMUM (MUHAMMAD SOFYAN), WAKIL KETUA (EMUS MULYADI), SEKRETARIS UMUM (MUKTI SURAHMAN), WAKIL SEKRETARIS (OMSIN), BENDAHARA( AGUS PURWANTO), WAKIL BENDAHARA (ENI BADRIAH), ANGGOTA BENDAHARA (KARTIKA), KEPALA DEPARTEMEN DIKLAT (SUMIYATI), WAKIL DEPT. DIKLAT (MARIAM), ANGGOTA DEPARTEMEN DIKLAT (DEDE ABDUL ROUF), KEPALA DEPT. ORGANISASI (TAUFIK HIDAYAT), WAKIL DEPT. ORGANISASI (AHMAD RIFAI), ANGGOTA DEPARTEMEN ORGANISASI 1 (BUBUN RUSMANA), ANGGOTA 2 (IDA WIDIAWATI, KEPALA DEPARTEMEN HUKUM DAN ADVOKASI (RAHMAT HIDAYAT KUSUMA; WAKIL KEPALA DEPARTEMEN HUKUM DAN ADVOKASI (MULYADI AMD), ANGGOTA DEPARTEMEN HUKUM DAN ADVOKASI (ADIH SUHANDA)


Peluncuran ini sebenarnya sudah diagendakan dua tahun yang lalu tetapi selalu gagal den mendapat hambatan terus menerus dan baru pada tanggal 14 Desember 2013 peluncuran atau launching ini bisa dilakukan. SI/2013

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dan jangan meninggalkan komentar spam.

emo-but-icon

Terbaru

Populer

item