PERJUANGAN BELUM BERAKHIR, MARI TINGKATKAN PERSATUAN DAN PERJUANGAN UNTUK KESEJAHTERAAN KITA SEMUA

Hidup Buruh!!   Hidup GSBI!! Salam Solidaritas!!! Seluruh jajaran Pimpinan Tingkat Perusahaan Serikat Buruh Garment Tekstile ...


Hidup Buruh!! 
Hidup GSBI!!
Salam Solidaritas!!!
Seluruh jajaran Pimpinan Tingkat Perusahaan Serikat Buruh Garment Tekstile dan Sepatu-Gabungan Serikat Buruh Independen PT. Duta Abadi Primantara (PTP SBGTS-GSBI PT. DAP) menyampaikan rasa hormat dan apresiasai yang setinggi-tingginya kepada seluruh buruh PT Duta Abadi Primantara baik yang sudah tergabung menjadi anggota SBGTS-GSBI maupun yang belum menjadi anggota, atas persatuan, kekompakan dan rasa solidaritas yang tinggi dari kawan-kawan semua perjuangan kita dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bagi buruh beserta keluarganya dapat kita raih dan dapatkan setahap-demi setahap.
Selanjutnya perlu kami sampaikan kepada kwan-kawan semua bahwa pada akhir bulan Januari 2013 ini kita semua buruh PT. DUTA ABADI PRIMANTARA Tangerang,  telah menerima gaji baru sesuai dg SK. Gubernur tentang Upah Minimum Sektoral yaitu sebesar Rp 2.423.500,00. Artinya bagi seluruh buruh mendapatkan kenaikan gaji sekitar 741 ribuan. Kenaikan gaji ini tidaklah kecil dan ini tidak muncul begitu saja, tanpa perjuangan yang panjang sebelumnya, baik ditingkat Perusahaan maupun ditingkat Regional/ Tangerang Raya.  Dua tahun yang lalu sebelum ada SBGTS GSBI kita hanya mengenal UMK (Upah Minimum Kotamadya), dan baru setelah GSBI berdiri, UMSK langsung menjadi prioritas perjuangan kita selain masalah status buruh.
Dan alhamdulillah mulai dari tahun pertama (GSBI) berdiri, kami telah melakukan perundingan-perundingan yang pada akhirnya pihak perusahaan bersedia pemberlakuan UMSK Th 2012, selain itu juga Perusahaan setiap tahunnya minimal ada 10 orang buruh Kontrak maupun Borongan yang diangkat menjadi Buruh Tetap. Meski kami pada awalnya mendapatkan tekana, penolakan, perlakuan dan perlawanan dari pihak Management Perusahaan, dan puncaknya kita semua melakukan aksi Mogok Kerja pada hari Kamis, 22 s/d 25 November 2011. Namun masa kelabu telah berlalu, dan buah dari perjuangan kita semua yaitu kenaikan UMSK sebesar 2,4 jt yang tentu lebih baik dari UMK yang Cuma 2,2 juta rupih saja. Perjuangan ini tentu tak akan berhasil tanpa dukungan dan partisipasi semua buruh PT. DAP, yang dengan persatuan dan kerja sama yang baik dengan pimpinan serikat telah mengalahkan perpecahan dan kepentingan pribadi diantara buruh PT. DAP.  Tangerang.
Selain dari pada itu kami juga patut memberikan apresiasi kepada pihak Management PT. DUTA ABADI PRIMANTARA, atas kesediaannya menjalankan upah sesuai dengan UMSK tahun 2013 ini tanpa melalui perundingan yang berkepanjangan bahkan dengan penuh rasa tanggung-jawab Management membayar kenaikan UMSK ini langsung di bulan pertama tanpa melalui penundaan atau rapel seperti tahun yang lalu. Ini suatu kemajuan yang mesti kita syukuri dan mesti kita pertahankan.
Kemajuan Perusahaan dan Kesejahteraan Buruh pada dasarnya dapat berjalan seiring sejalan, karena pada hakekatnya antara Pengusaha dan Buruh merupakan Hubungan (Industrial) yang saling melengkapi dan saling menguntungkan kedua belah pihak. Tanpa Buruh, Pengusaha tentu tidak bisa memproduksi barang atau jasa yang bisa mendatangkan keuntungan berkali lipat dari modalnya, bahkan modal tersebut dapat hilang atau rusak dan menyusut nilainya setiap tahun, bulan bahkan setiap harinya.
Sebaliknya Buruh juga membutuhkan Pekerjaan dari Pengusaha untuk mendapatkan upah yang layak untuk kehidupan buruh itu sendiri dan keluarganya. Dengan harapan apabila buruh telah bekerja dengan baik dan mematuhi segala aturan Perusahaan akan mendapatkan upah yang layak dan sekaligus Perusahaan ini menjadi tumpuan masa depan buruh dan keluarganya kelak. Jadi untuk mewujudkan kemajuan dan tujuan Perusahaan tentu diperlukan kerjasama yang baik antara Pengusaha dan para buruhnya dengan berdasarkan aturan yang berlaku termasuk pemberlakuan UMSK Tahun 2013 ini, karena sesungguhnya keduanya saling membutuhkan dan saling melengkapi juga sekaligus saling menguntungkan. Dan kita sekarang bisa melihat kenyataan bahwa jika Pengusaha memberikan sebagian keuntungannya untuk meningkatkan kesejahteraan buruhnya tentu para buruh juga akan memberikan kemampuan terbaiknya untuk kemajuan Perusahaan.
Semoga kerja sama dan kemajuan Perusahaan ini dapat lebih kita tingkatkan  di kemudian hari tanpa ada hambatan dan rintangan. Untuk itulah kami selaku Pengurus mengajak seluruh buruh untuk lebih giat lagi dalam bekerja dan berkarya, yang pada gilirannya nanti akan membuat Perusahaan kita ini mampu memberikan kesejahteraan yang lebih baik lagi bagi para buruhnya. Dan untuk lebih memberikan kesejahteraan yang lebih baik lagi, kami berencana pada awal bulan Maret 2013 nanti kami selaku Pengurus SBGTS GSBI PT. DAP Tangerang akan mendirikan Koperasi “MANDIRI”.
Keanggotaan Koperasi ini terbuka bagi seluruh Buruh PT. DAP, baik Buruh Tetap maupun Kontrak dan Borongan, tentu dengan persyaratan yang tidak memberatkan calon anggota. Adapun usaha Koperasi ini menitik beratkan pada Pengadaan Sembako Murah bagi para anggota Koperasi yang sedang kesulitan masalah keuangan dan Simpan Pinjam berupa Modal  Usaha tanpa agunan, yang diperuntukkan hanya oleh, untuk dan dari para anggota Koperasi. Kami mengarap partisipasi dan dukungan dari seluruh Buruh dalam usaha mendirikan Koperasi Mandiri ini. Karena keuntungan dari Koperasi ini akan kembali pada kita berupa SHU (Sisa Hasil Usaha) dan Koperasi membantu memberikan pinjaman modal usaha maupun pinjaman berupa barang dan sembako dengan harga yang murah dan angsuran yang sangat ringan.
Demikian penjelasan dan informasi yang dapat kami sampaikan kepada kawan-kawan semua agar dapat dipahami bersama, dan kami PTP. SBGTS-GSBI PT DAP selalu mengharapkan saran dan masukan dari kawan-kawan buruh PT. DAP untuk kemajuan organisasi dan perjuangan kita kedepan.
Hidup Buruh.…..!!! 
Hidup GSBI.…..!!!
Tangerang, 30  Januari 2013
Dept. Diklat dan Propaganda SBGTS-GSBI PT. Duta Abadi Primantara Tangerang

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dan jangan meninggalkan komentar spam.

emo-but-icon

Terbaru

Populer

item