Kecelakaan Kerja terbanyak di Sektor Konstruksi

Jakarta - Angka kecelakaan kerja di Indonesia termasuk yang paling tinggi di kawasan ASEAN. Hampir 32% kasus kecelakaan kerja yang ada d...

Jakarta - Angka kecelakaan kerja di Indonesia termasuk yang paling tinggi di kawasan ASEAN. Hampir 32% kasus kecelakaan kerja yang ada di Indonesia terjadi di sektor konstruksi yang meliputi semua jenis pekerjaan proyek gedung, jalan, jembatan, terowongan, irigasi bendungan dan sejenisnya.

"Sektor konstruksi merupakan penyumbang kecelakaan tertinggi. Oleh karena itu, semua proyek pembangunan konstruksi akan ditingkatkan pengawasannya, agar angka kecelakaan kerja di bidang konstruksi dapat diminimalkan," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (menakertrans) Muhaimin Iskandar saat melakukan kunjungan kerja ke proyek pembangunan konstruksi yang berlokasi di apartemen Gandaria City dan Kalibata City, Jakarta, Rabu (13/1).

Dia menambahkan, tujuan diadakan kunjungan ini untuk menyosialisasikan pembinaan dan pengawasan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di sektor konstruksi dalam mendukung pelaksanaan kampanye BUlan K3 Nasional yang berlangsung mulai 12 Januari sampai 12 Februari.

"Dari hasil kunjungan ke proyek konstruksi, ditemukan fakta bahwa dasar-dasar K3 sudah dilaksanakan. Namun, pelaksanaannya belum sempurna, terutama pada infrastruktur pengamanan pembangunan gedung tinggi yang perlu ditingkatkan," kata Menakertrans .

(moh. ridwan) Jakarta, SINAR HARAPAN, Thursday January 14, 2010 - Sinar Harapan, Kamis 14 Januari 2010

Posting Komentar

  1. Terkadang human behaviour turut bermain..
    unsafe act dan unsafe behaviour juga menjadi salah satu faktor kecelakaan kerja.

    Kita jangan hanya berharap dari pengawas pemerintah, tapi juga kita harus meningkatkan safety awafreness karyawan dengan pendidikan dan pelatihan

    salam,
    LT
    www.transafeindonesia.com

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar dan jangan meninggalkan komentar spam.

emo-but-icon

Terbaru

Populer

item