100 Pengusaha China Bakal Penuhi Depperin

Senin, 24/08/2009 10:37 WIB 100 Pengusaha China Bakal Penuhi Depperin Suhendra - detikFinance Jakarta - Sebanyak 120 orang delegasi pengusa...

Senin, 24/08/2009 10:37 WIB
100 Pengusaha China Bakal Penuhi Depperin
Suhendra - detikFinance

Jakarta - Sebanyak 120 orang delegasi pengusaha dan pemerintah Provinsi Henan, China mengunjungi Indonesia dari tanggal 22-25 Agustus 2009. Pada hari ini delegasi China mengunjungi departemen perindustrian dalam rangka menjajaki kerjasama industri, perdagangan dan investasi.

"Ini wahana yang penting untuk tukar informasi dan terobosan baru dalam kerjasama industri dan perdagangan kedua belah pihak," kata Menteri Perindustrian Fahmi Idris dalam sambutannya di acara kunjungan delegasi provinsi Henan, di kantor Depperin, Senin (24/8/2009).

Delegasi ini terdiri dari 100 pengusaha asal Provinsi Henan yang bergerak dibidang kimia, tekstil, permesinan, makanan dan minuman dan 20 para walikota di provinsi Henan.

Provinsi Henan kata Fahmi, menjadi mitra strategis bagi Indonesia karena memiliki potensi perdagangan dan investasi. Saat ini Henan dikenal sebagai provinsi yang menjadi penghasil komoditi pertanian yang terpenting di China.

Fahmi menambahkan provinsi ini juga memiliki keunggulan dibidang permesinan, metalurgi termasuk sektor baja, yang ditandai dengan realisasi investasi Zhengzhou Yong Tong Special Steel Corporation yang telah berinvestasi melalui PT Mandan Steel di Kalsel.

Provinsi Henan juga cukup maju dalam bidang industri manufaktur yang membutuhkan bahan baku yang bisa disuplai dari Indonesia seperti karet, tapioka, bijih bauksit, pig iron dan batubara.

"Indonesia akan mendukung provinsi Henan," ucapnya.

Dikatakannya forum ini sangat penting untuk mencapai sasaran peningkatan investasi, perdagangan, kerjasama teknologi teknologi industri kedua belah pihak.

"Untuk mencapai sasaran itu, Indonesia perlu mitra usaha perdagangan, investasi," jelasnya.

Dalam acara kunjungan ini, kedua belah pihak bersepakat melakukan MoU antara Provinsi Henan dengan Depperin dalam bidang kerjasama industri dan penandatangan Mou business to business antara PT Mandan Steel dengan Yongtong.

Seperti diketahui dalam beberapa waktu lalu beberapa Provinsi di China telah melakukan serangkain kunjungannya melalui delegasinya ke Indonesia termasuk kerjasama bidang industri dengan Departemen Perindustrian.

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dan jangan meninggalkan komentar spam.

emo-but-icon

Terbaru

Populer

Arsip Blog

item