Data Depnakertrans Dituding Tak Benar, PHK Sudah Capai 500.000

22/01/2009 17:30 Wahyu Daniel - detikcom Jakarta, Angka PHK dalam 3-4 bulan terakhir menurut Kadin ternyata bisa mencapai sekitar 500 ribu ...


22/01/2009 17:30 Wahyu Daniel - detikcom
Jakarta, Angka PHK dalam 3-4 bulan terakhir menurut Kadin ternyata bisa mencapai sekitar 500 ribu orang. Catatan Menakertrans soal jumlah PHK mencapai 24.700 orang dinilai tidak benar.

Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Investasi Chris Kanter usai rapat dengan para Deputi Menko Perekonomian di kantor Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (22/1/2009).

"Yang dilepas dalam 3-4 bulan ini mencapai 500.000 orang. Kedua PHK-PHK yang tidak masif angkanya juga tidak masuk catatan karena memang tidak perlu lapor. Ini kan keangkat masalahnya kalau yang PHK tidak menerima," tuturnya.

Chris mengatakan dirinya meminta pemerintah menunjukkan data yang sebenarnya sehingga tidak menimbulkan bias di masyarakat.

"Bayangin kalau baca koran seluruh Indonesia hanya 27.000 PHK. Padahal banyak yang nggak dilaporin. Saya nggak bilang Depnaker bohong tapi fakta di lapangan tidak semua dilaporin. Kita hanya minta jangan sampai mayarakat pikir Indonesia lagi nggak ada masalah, perusahaan baik-baik saja cuman bos yang lagi pelit. Pemerintah memang harus bangun kepercayaan di lingkungan masyarakat," tuturnya.

Jadi menurut Chris, data yang dikeluarkan oleh Depnakertrans bukan angka sebenarnya, karena banyak pekerja outsourcing yang pertama kali diberhentikan perusahaan dan tidak tercatat angkanya.

"Perusahaan itu yang pertama diberhentiin adalah outsource. Ini kan tidak perlu lapor. outsource pun setiap bulan bisa distop, nggak ada record-nya," ujarnya.

Karena itu menurut Chris program stimulus yang disiapkan oleh pemerintah perlu segera dilaksanakan agar situasi tidak semakin memburuk.

"Penekanan kita tadi bahwa ini (stimulus) kan langkah-langkah untuk manahan laju PHK agar mampu bertahan. Kalau momentumnya lewat akan terlambat. Di AS kan stimulus juga segera, begitu terlambat jeblok lagi," pungkasnya.

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dan jangan meninggalkan komentar spam.

emo-but-icon

Terbaru

Populer

Arsip Blog

item